pic.twitter.com/XU3jfu5SB9

Title's

Rabu, 15 Oktober 2014

TEORI ORGANISASI UMUM

TUGAS CONTOH KASUS




CONTOH KASUS PERTAMA : " PERUSAHAAN TRI-ENERGI ".

Pertanyaan Kasus:
1) Apa ciri-ciri birokrasi yang telah terlibat pada situasi tersebut?
Jawaban:
Dalam membuat keputusan harus didasarkan kepada atasan yang kedudukannya lebih tinggi dalam organisasi. Akibatnya status dari 5rb karyawan tersebut tidak jelas atau tergantung dari keputusan yang diambil oleh atasan tersebut.

2) Apakah Joni Bolang harus memberhentikan lima ribu karyawan perusahaan? Mengapa? Apa masalah-masalah dan kebaikan-kebaikan tindakan tersebut menurut perkiraan saudara bila dia melakukannya?
Jawaban:
Menurut saya, seharusnya dalam masalah ini Joni Bolang tidak perlu memberhentikan 5rb karyawan tersebut. Karena diantara mereka tidak semua yang tidak memiliki potensi, diantara mereka pasti ada yang memiliki potensi besar untuk membuat perusahaan lebih baik dan maju bahkan membuat perusahaan bisa mendapatkan laba yang tinggi. Dan menurut saya memberhentikan karyawan sebanyak 5rb tersebut akan membuat mereka kehilangan pekerjaannya dan akan membuat semakin banyaknya tingkat pengangguran. Oleh karena itu, training(memilih karyawan yang berpotensi) sangat diperlukan dalam hal ini.

3) Bagaimana cara agar situasi ini dapat dihindarkan atau dicegah?
Jawaban:
Dengan menghentikan sistem otomatisasi yang berlaku diperusahaan tersebut.




CONTOH KASUS KEDUA : " BUDIONO MENERIMA TAWARAN PEKERJAAN BARU "

Pertanyaan Kasus:
1) Apa prinsip-prinsip manajemen yang akan dilanggar bila Budiono menerima tugas atau pekerjaan baru tersebut?
Jawaban:
Prinsip yang akan dilanggar oleh Budiono ialah kesatuan komando, yaitu prinsip manajemen dimana seorang bawahan harus mempunyai satu saja atasan yang melepaskan langsung pertanggung jawabannya. Dan dalam hal ini, jika ia menerima tawaran tersebut maka dia akan mempunyai dua atasan yang berbeda dan tugas yang berbeda pula. Ini juga akan mengganggu kinerja bawahannya.

2) Bila Budiono menerima penugasan baru, apa macam-macam masalah yang kemungkinan besar akan terjadi?
Jawaban:
Banyak masalah yang akan ditimbulkan. Namun masalah yang paling utama ialah ketika atasannya yang bernama Wijoyo mengetahui bila Budiono menerima tawaran tersebut, maka akan membuat Wijoyo merasa kecewa dan akan membuat hubungan diantara Wijoyo dan Budiono yang telah terjalin baik menjadi buruk. Dan mungkin hasil dari pekerjaan yang dilakukannya akan tidak maksimal.

3) Apa rekomendasi-rekomendasi yang akan saudara ajukan untuk memperbaiki susunan organisasi, atau untuk mengurangi masalah-masalah potensial perusahaan?
Jawaban:
Rekomendasi yang akan saya ajukan untuk memperbaiki susunan organisasi dan mengurangi masalah potensial perusahaan ialah dengan membuat peraturan yang lebih tegas dan jelas, lebih meningkatkan kesejahteraan karyawan dan membuat hubungan antara atasan dengan bawahan lebih baik lagi dan lebih terbuka. Sehingga dengan semua ini kerjasama dan rasa tanggung jawab pun akan lebih terjaga.




CONTOH KASUS KETIGA : " MANAJEMEN ILMIAH BERARTI EKSPLOITASI dan DEHUMANISASI KARYAWAN? "

Pertanyaan Kasus:
1) Apakah pendapat Professor LKH dapat dibenarkan?
Jawaban:
Ya, walaupun dengan teori dapat menyebabkan kenaikan dramatis dalam hal produktivitas dan upah yang lebih tinggi namun para pekerja/karyawan disini seperti ditekan dan tereksploitasi.

2) Apa elemen-elemen manajemen ilmiah dan perkembangan historic aliran tersebut yang telah menyebabkan Professor LKH mempunyai pendapat seperti itu?
Jawaban:
Karena banyaknya pekerja yang tereksploitasi dan membuat mereka seperti mesin belaka yang mengikuti order-order manajemen. Ini sunggu sangat tidak manusiawi.

3) Anggap saudara tidak menyetujui pendapat Professor LKH dan mempunyai kesempatan mendebatnya. Dalam hal-hal apa saudara akan menyanggah pernyataannya?
Jawaban:
Untuk meningkatkan produktivitas, teori Taylor ini harus diberlakukan. Dengan teori ini juga dapat membuat perusahaan mempunyai laba yang tinggi.

Tidak ada komentar: